Kenali GPS Geodetik Lebih Jauh Di Sini!

GPS Geodetik

Global Positioning System (GPS) adalah sebuah sistem yamg menggunakan satelit navigasi yang menetapkan suatu letak atau posisi.

Teknologi GPS berkembang pesat seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi. Ditemukan informasi bahwa pemetaan menggunakan pengukuran ini merupakan langkah pengembangan dari teknik pengukuran secara manual klasik antara lain theodolite, waterpass,  total station dan EDM.

GPS Geodetik

GPS Geodetik atau sering disebut juga sebagai GPS pemetaan untuk bisa mendapatkan data yang akurat menggunakan survei dan penerapan dengan fasilitas satelit. Alat untuk GPS bisa menerima sinyal khusus dari L1, L2 serta GNSS. GPS Geodetik dapat melakukan perekaman data mentah baik menggunakan format umum maupun menggunakan sistem data Rinex. Berikut beberapa kelebihan dari sistem GPS geodetik. 

1. Tingkat Ketelitian Tinggi

Data yang direkam dan dicatat oleh GPS ini mempunyai tingkat ketelitian serta keotentikan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan GPS navigasi biasa. Dari informasi beberapa lokasi yang jual GPS geodetik murah menyatakan bahwa alat ini memiliki tingkat keakuratan data yang sangat bagus. Oleh karena itu, beberapa tempat yang jual GPS geodetik e-survei menyatakan bahwa alat tersebut bisa digunakan untuk mengukur lahan pada area pertanian dan perkebunan. Selain itu juga bisa dipakai untuk menera posisi lahan padat vegetasi seperti hutan. Adapun lahan yang diukur bisa mencapai tingkat keakuratan mulai dari 5 hingga 10 mm. 

2. Mempunyai Sistem Koordinat

Koordinat merupakan sebuah titik dengan dasar sistem dua dimensi dan tiga dimensi. Adapun titik-titik koordinat memiliki acuan terhadap sebuah sistem koordinat khusus. Pada GPS geodetik, GPS tersebut sudah memiliki 3 titik sebagai parameter. Yang pertama adalah titik nol yang diukur dari sebuah orientasi sumbu. Kordinat tersebut disebut kartesius atau sering dinamakan curvilinear. Koordinat ini sering dipakai untuk menentukan orientasi sumbu ordinat serta titik sistem ordinat. 

Titik yang terdapat di permukaan bumi ditentukan oleh sebuah titik nol di mana anda akan mendapatkan data yang berpusat di lokasi yang ada pada massa bumi apabila titik tersebut berbanding lurus terhadap permukaan bumi. Untuk menentukan sebuah titik pada permukaan bumi juga dipakai untuk menentukan sistem koordinat geometrik. Adapun penentuan titik tersebut memakai satelit. 

3. Penentuan Lokasi Lebih Cepat

Berdasarkan info dari jual GPS geodetik e-survei,  jaring titik kontrol geodetik disusun berdasarkan atas pengamatan pada satelit. Kontrol orde 0 sampai dengan 4 dikerjakan menggunakan metode survei GPS. Kecepatan yang dibangun secara tiga dimensi ini pun memberikan keakuratan penemuan lokasi dengan lebih cepat. Penentuan mudah, cepat serta tidak dipengaruhi faktor cuaca. Segmen yang bekerja pada GPS meliputi segmen angkasa, di mana segmen ini terdiri atas satelit-satelit GPS, kemudian segmen sistem kontrol yang berisi tempat-tempat monitor dan alat untuk mengontrol satelit, dan segmen pengguna yang tersusun dari alat penerima serta pengolah data GPS. Setiap segmen bekerja secara simultan, rapi dan cepat untuk menemukan fokus lokasi sehingga data yang didapatkan akurat, cepat dan bisa dipertanggungjawabkan. 

4. Mekanisme Kerja Tersistematik

Dari setiap satelit GPS geodetik mengeluarkan pancaran sinyal gelombang di 2 frekuensi L band yang disebut dengan istilah L1 dan L2. Frekuensi L 1 mencapai 1575,42 MHz,  adapun sinyal L2 berada pada frekuensi 1227,60 MHz. Dari sebuah info jual GPS geodetik CHC didapatkan pengetahuan bahwa sinyal L1 memberikan 2 kode biner yang disebut dengan istilah kode P. P merupakan kependekan dari Precise dan Private. Kode ini merupakan kode yang sangat presisi dan tepat untuk menentukan sebuah titik ordinat. 

Kode yang satu disebut kode C/A. C/A adalah kependekan dari clear access dan coarse acquisition di mana menunjukkan bahwa kode C/A tersebut jelas dan terakuisisi dengan baik. Adapun saat ini kode P telah mengalami perubahan nama menjadi kode Y. Kode Y memiliki struktur yang tidak disampaikan untuk umum. Mekanisme kerja GPS geodetik tang terstruktur dan tersistematik ini menghasilkan data yang akurat dan cepat. 

Jika anda tertarik untuk mencari informasi Jual gps geodetik murah anda juga perlu untuk lebih mengetahui mengenai sistem kerja GPS di berbagai posisi lokasi. Berikut beberapa sistem mekanik pada GPS yang perlu anda ketahui. 

1. Sistem Pengukuran Jarak

Konsep penentuan titik sebuah lokasi menggunakan GPS didasarkan atas sebuah resesi atau ikatan ke belakang terhadap jarak. Pengukuran yang dilakukan secara simultan terhadap beberapa satelit yang titik kordinatnya sudah diketahui. GPS memberikan posisi dalam bentuk tiga dimensi dan dinyatakan di sebuah world geodetic system (WGS). Posisi yang ditampilkan pada GPS bisa berupa posisi diam dan dapat juga posisi gerak. Posisi titik dapat diperoleh dari sebuah penerima sinyal GPS yang ditentukan oleh pusat bumi menggunakan cara posisi absolut. Dapat juga ditentukan dengan memakai teknik differential atau posisi relatif terhadap titik lain yang sudah diketahui titik koordinatnya. 

Penentuan ini menggunakan dua alat penerima sinyal sehingga diperoleh titik akurasi data yang tinggi. GPS mampu menunjukkan sebuah posisi secara langsung dan diakses real time, namun bisa juga menunjukkan sebuah posisi yang ditampilkan setelah diadakan pengamatan. Dengan demikian pengguna dapat melihat sebuah posisi di saat tertentu secara langsung seperti pada saat mencari sebuah lokasi. 

2. Karakteristik GPS Geodetik

Penentuan posisi memakai sistem pengamatan satelit pada GPS, menurut sebuah situs (E-survei & CHC nama merek GPS) diartikan sebagai suatu teknik penentuan sebuah titik lokasi atau koordinat dari sekumpulan posisi ordinat yang telah ditetapkan pusatnya. Didahului dengan penentuan posisi diferensial dan dilanjutkan dengan sebuah peneraan pengamatan fase sinyal GPS. Dalam jeda waktu tertentu dilakukan uji penerapan lokasi dari baseline satu ke baseline lainnya di dalam suatu kumpulan titik yang akan dipastikan posisinya. 

Jika terdapat lebih dari dua penangkap sinyal maka di suatu waktu pengamatan akan bisa dilihat lebih dari satu baseline. Dalam pengamatan menggunakan vektor untuk menentukan posisi. Penentuan vektir dari sebuah baseline dikerjakan memakai metode perhitungan rerata kuadrat terkecil. 

3. Tahap Survei Penentuan Posisi

Proses survei penentuan posisi sebuah GPS terdiri atas perencanaan, persiapan,  pengumpulan data, pengolahan data dan dilanjut dengan pengolahan data. Sebuah survei GPS dinyatakan sukses apabila setiap tahap pengerjaan dilakukan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Tahap perencanaan memegang peran sangat vital serta harus dikerjakan sebaik-baik dan tersistematik. Perancanaan yang tepat akan memberikan pondasi kerja untuk langkah selanjutnya sehingga diperoleh hasil yang optimal. 

Pengamatan harus dilakukan dengan strategi yang efektif dan efisien termasuk dalam hal kecermatan, pembiayaan serta ketepatan waktu sehingga pengerjaan survei menjadi benar-benar efektif dan optimal. Kontrol kualitas terhadap pengamatan harus ketat supaya dihasilkan sebuah data yang akurat. keakuratan data pengamatan akan mempermudah langkah analisis dan pengolahan data. 

4. Strategi Pengamatan Yang Canggih

Menurut beberapa pihak yang Jual GPS geodetik Jakarta, sebelum meluncurkan hasil program dan penerapan, sebelumnya dilakukan terlebih dahulu sebuah pengamatan yang ditujukan guna memberikan kontrol terhadap kualitas data. Adapun strategi pengamatan tersebut adalah sebagai berikut. 

  • Berdasarkan atas baseline yang tidak terikat (bebas= non trivial). Baseline-baseline tersebut menghasilkan sebuah jejaring yang bersifat tertutup. Adapun pengamatan yang dilakukan pada baseline yang tertutup tersebut secara relatif tidak besar. 
  • Pengamatan yang dilakukan di suatu baseline sebanyak dua kali di sekian sesi pengamatan yang tidak sama atau disebut dengan istilah common baseline. Pengamatan dengan cara ini pada umumnya dilakukan terhadap baseline-baseline yang berukuran panjang serta terhadap baseline yang mempunyai konektivitas pada titik-titik yang tidak terlalu kuat. 
  • Pengamatan dengan menggunakan titik ikat secara tersebar. Titik-titik ikat yang tersebar dapat digunakan untuk membuat pengamatan secara detail dan terperinci di dalam sebuah jaringan. 
  • Pengamatan terhadap baseline yang tertutup dengan cakupan yang tidak terlalu luas. Strategi pengamatan pada area jejaring yang relatif sempit memberikan hasil yang akurat dan data yang lebih detail serta valid. 

5. Dilakukan Kontrol Kualitas Survei

Masih menurut Jual gps geodetik Jakarta, di dalam proses dan strategi pengamatan terhadap penentuan data GPS geodetik ini dilakukan kontrol kualitas pengamatan yang cukup ketat sehingga hasil dari pengamatan dapat sangat dipertanggungjawabkan. Adapun di dalam kontrol kualitas pengamatan tersebut mencoba untuk menghindari adanya human error. Salah satu human error antara lain adalah pencatatan yang salah serta analisis data yang keliru. 

Ketika pengamatan sudah diperoleh hasil yang akurat selanjutnya data akan dijadikan data acuan guna ditampilkan pada alat sehingga ketika seseorang melakukan track GPS akan keluar data valid. Meskipun demikian, sering terjadi titik paralaks lokasi walaupun jarak pergeseran titik ordinat tersebut tidak terlalu jauh. Pengontrolan survei salah satunya ditujukan supaya tidak terjadi pergeseran titik ordinat yang terlalu jauh. Dan didapat sebuah data lokasi yang cukup akurat 

6. Mengolah Baseline Dengan Baik

Baseline yang digunakan untuk pengamatan akan diolah dengan tujuan menghitung vektor dari baseline tersebut. Adapun pengolahan dilakukan dengan memakai data di saat sinyal GPS yang dikumpulkan dari dua titik yang berada di ujung baseline. Penghitungan vektor inipun dilakukan dengan sangat teliti hingga diperoleh data akurat dan presisi. Pada waktu dilakukan survei, baseline biasanya diolah dengan cara dikerjakan satu per satu atau secara single baseline. 

Titik awal survei adalah pada suatu titik yang sudah diketahui koordinatnya. Kemudian semua titik pada baseline dihubungkan sampai membentuk sebuah jaringan yang sifatnya tertutup. Yang perlu anda ketahui adalah baseline diolah melalui sebuah sesi pengamatan yang setiap sesi tersusun dari beberapa baseline baik yang berupa single session maupun multiple baseline. 

Pada saat dilakukan proses penetapan estimasi dari sebuah vektor baseline, data fase double difference akan dipakai untuk menyusun sebuah penetapan. Akan tetapi, untuk membuat data lebih akurat, sebuah sistem penetapan rerata semu juga digunakan pada perangkat lunak yang dipakai untuk pengolahan data. Hasil pengolahan data menggunakan sistem penetapan rerata semu akan sangat membantu penemuan koordinat baru dari sebuah titik lokasi. Sinkronisasi dari penerima sinyal GPS dan deteksi area sekitar lokasi akan pula terbantu. Demikian pula penentuan jarak antar lokasi akan dapat diperoleh dengan hasil valid menggunakan teknik ini. 

7. Tahap Menghitung Baseline GPS

Pengamatan hingga menemukan sebuah titik lokasi pada GPS diperoleh dengan cara melakukan penghitungan rerata jaringan dalam GPS yang berupa koordinat kartesian tiga dimensi (X, Y,  Z). Adapun datum Yang dicantumkan adalah datum WGS 1984. Apabila pemakai menghendaki adanya koordinat yang berbeda dari setiap titik maka akan dilakukan sebuah transformasi datum dan koordinat. Dari hasil pengolahan ini selanjutnya akan disusun sebuah pelaporan. 

Akan tetapi, dibutuhkan sebuah pengecekan ulang dari analisa hasil supaya data bisa lebih akurat. Cross check setiap penerapan hasil dari datum dan koordinat dilakukan hingga 3 kali oleh setiap pengamat yang berbeda. Hal ini ditujukan untuk menghindari adanya paralaks pada hasil analisis. 

8. Pelaporan Yang Tersistematik

Laporan dari hasil pengamatan menggunakan sebuah standar yang sudah baku. Adapun sistem pelaporan menggunakan SNI 19-6724-2002: Jaring kontrol horizontal. Di mana format baku tersebut sudah dilansir untuk sistem pelaporan hasil survei GPS.  

Sebuah (E-survei & CHC nama merek GPS) menyatakan bahwa untuk memilih GPS Geodetik yang tepat butuh keahlian khusus. Namun di sini akan disampaikan seperti apa syarat GPS yang baik.

1. Memperhatikan Spesifikasi 

Setiap alat memiliki sebuah spesifikasi. Bagi anda yang sedang mencari GPS geodetik yang baik dapat mencoba mencari banyak info mengenai alat pelacak lokasi tersebut di beberapa situs jual GPS geodetik murah atau jual GPS geodetik CHC. GPS secara penggunaannya minimal harus memiliki dua alat pengukuran untuk menera tinggi secara akurat.  

Satu perangkat GPS pada umumnya mempunyai dua bagian alat yaitu base station dan rover. Spesifikasi yang tepat juga bisa anda cari melalui keyword jual GPS geodetik e-survei. Total station yang dimiliki oleh sebuah GPS akan mempengaruhi kemudahan penggunaan serta validitas data yang dihasilkan. Anda dapat mengetahui spesifikasi alat dari etiket yang ada pada produk yang dijual, bisa bertanya langsung kepada penjual ataupun mencari informasi antara lain di beberapa situs jual GPS geodetik Jakarta. 

2. Menentukan Harga GPS Geodetik

Semua barang yang dibeli perlu kita pertimbangkan kualitas sekaligus harganya. Anda perlu sedikit waspada apabila harga yang dibanderol terlalu tinggi ataupun terlalu murah. Anda perlu membandingkan harga dari setiap merk sebelum anda salah membeli. Kualitas sering tidak sama dengan harga. 

Di beberapa lokasi jual GPS geodetik murah ternyata memiliki produk yang berkualitas prima. Memang untuk model alat yang terbaru seperti di beberapa lokasi jual GPS geodetik e-survei menetapkan harga jual cukup tinggi. Tetapi bisa dimaklumi karena untuk alat dengan model terbaru memang sudah menggunakan fasilitas dan spesifikasi yang canggih. Selain itu, jumlahnya masih terbatas dan belum diproduksi secara massal. 

3. GPS Geodetik yang Mudah Digunakan 

Bagi anda yang ingin membeli sebuah barang,  apalagi jika anda adalah seorang pemula, cara pakai sebuah alat akan sangat berpengaruh terhadap hasil. Jika anda tidak mampu mengoperasikan alat tersebut, secanggih apapun alat maka akan dihasilkan data yang kurang valid dan akurat. Untuk membeli alat GPS geodetik tidak bisa sekedar memperhatikan harga dan spesifikasi saja. Anda harus memperhatikan juga cara pemakaian dari alat tersebut. Setiap merk memiliki cara penggunaan yang berbeda dan anda harus memperhatikan. Tingkat kesulitan penggunaan alat tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Carilah yang mudah dioperasikan tetapi memenuhi standar kualitas dan data yang valid. 

Demikian tadi banyak yang sudah diuraikan mengenai GPS geodetik. Semoga bisa menjadikan referensi baru bagi anda. 

Beberapa contoh GPS Geodetik yang beredar dipasaran Indonesia seperti:

Jual GPS Geodetik E Survey

Jual GPS Geodetik E- Survey E600 GNSS Receiver RTK Fitur Lengkap Satelit Multi- Konstelasi Dilacak, Radio Built- in Menunjang Lebih Banyak Protokol, Dual Batrai, UI Website yang gampang di oprasikan, Jaringan 4G yang Normal serta Survey Kemiringan. Miliki Harga Promo GNSS Receiver E- Survey E600 di AlamSurvey.

Jual GPS Geodetik E Survey

Fitur Unggulan GPS Geodetik E- Survey E600 GNSS Receiver

  • Satelit Multi- Konstelasi Dilacak
  • GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, SBAS, QZSS
  • Radio Built- in Menunjang Lebih Banyak Protokol
  • Energi pancar 1W, jarak kerja efisien 5 kilometer di area kerja yang maksimal.
  • Baterai Ganda Cerdas
  • Menunjang sampai 10 jam waktu kerja, energi baterai bisa dibaca langsung dari lampu penanda pada baterai, model baterai fitur genggam serta host sama.
  • Materi Jaringan 4G Built- in
  • Komunikasi jaringan yang lebih normal.
  • Akses taman Website, lengkapi konfigurasi penerima, download informasi, perbarui firmware, amati status, dll. Lewat ponsel, tablet, serta fitur genggam yang lain.
  • Receiver E600 mengintegrasikan sensor gelembung elektronik, dikombinasikan dengan algoritma survey kemiringan baru serta pembedahan fitur lunak surpad. Tidak dibutuhkan kalibrasi saat sebelum pengukuran, keakuratan informasi koordinat bisa dengan gampang dicapai dalam sudut kemiringan 30°.

Jual GPS Geodetik CHC

GPS Geodetik CHC jadi receiver terefektif dikala ini, muncul dengan 384 channel serta support dengan tracking multi konstalasi satelit GPS, GLONASS serta BDS buat keadaan langit yang terhambat buat menjamin akurasi serta keandalan RTK di lapangan. Menunjang pemakaian Android buat aplikasi survey memakai LandStar 7.

Jual GPS Geodetik CHC

Desain inovatif M5 mencampurkan inti GNSS built- in, antena multi- rasi, komunikasi Bluetooth, informasi link RX UHF serta materi jaringan dalam satu receiver tunggal. Penerima GNSS M5 bawa pemecahan RTSS GNSS yang sangat terjangkau ke surveyor tanpa bayaran tinggi

Pelacakan multi- konstelasi 384 saluran yang luar biasa menunjang GPS, GLONASS serta BDS buat keadaan langit yang terhalang buat menjamin akurasi serta keandalan RTK di lapangan.

Kompatibilitas sempurna dengan fitur lunak survei lapangan berbasis Android LandStar 7 membagikan pengalaman pembuatan era buat bermacam industri yang fleksibel.

Desain inovatif M5+ mengintegrasikan inti GNSS, antena multi- rasi built- in, komunikasi Blue- tooth, datalink Rx/ Tx UHF serta materi jaringan dalam satu penerima tunggal.

Penerima M5+ GNSS memperkenalkan pemecahan GNSS RTK yang sangat terjangkau untuk para surveyor dengan harga yang sangat murah.

Jual GPS Geodetik di Jakarta

Untuk mendapatkan harga terbaik dari GPS geodetik di Jakarta, Anda bisa menghubungi kami atau lihat disini daftar harga GPS geodetik

1
Chat WhatsApp
Powered by